Kamis, 07 Agustus 2014

MENGENAL KEYBOARD KOMPUTER/LAPTOP

Perbaikan keyboard


Keyboard komputer adalah perangkat keras komputer yang digunakan sebagai alat input pada komputer. Umumnya keyboard memiliki sekitar 110 jumlah tombol. Fungsi keyboard komputer yang utama adalah untuk memasukkan karakter  huruf, angka dan beberapa tombol fungsi keyboard  komputer khusus lainnya yang digunakan untuk tugas khusus.


Keyboard komputer menurut tata letaknya terdiri dari 2 jenis yaitu  keyboard  QWERTY dan AZERTY. Jenis Keyboard komputer QWERTY adalah jenis yang paling umum digunakan saat ini dan memiliki deretan enam huruf (Q, W, E, R, T, Y) di baris pertama keyboard. Sedangkan Keyboard AZERTY digunakan terutama, di Perancis.


Wireless Keyboard
Keyboard nirkabel dibedakan dari tiga jenis koneksi dasar, yaitu.
·         Bluetooth Keyboard    
·         Inframerah (IR) Keyboard
·         Frekuensi Radio Keyboard
Keyboard yang menggunakan media frekuensi radio mendapatkan daya yang diperlukan dari baterai atau kadang memiliki kabel USB untuk mengisi daya (charging) keyboard. Keyboard inframerah harus disimpan dalam  posisi satu garis lurus dari penerima. Di sisi lain, keyboard frekuensi radio menyediakan rentang yang lebih besar daripada keyboard inframerah. Keyboard bluetooth menggunakan teknologi bluetooth, yang memberikan rentang yang lebih besar dibandingkan keyboard frekuensi radio dan keyboard inframerah. Kelebihan Keyboard frekuensi radio menawarkan mobilitas yang lebih besar daripada  keyboard bluetooth dan inframerah.

Wired Keyboard
PS / 2 dan USB adalah dua koneksi kabel yang menghubungkan keyboard ke komputer desktop.  diistilah keyboard PS / 2 karena menggunakan koneksi ke port PS / 2.  Jenis keynoar ini sangat umum digunakan. Salah atu jenis keyboard yang membanjiri pasar keyboard saat ini adalah jenis keyboard yang menggunakan koneksi USB, jenis ini di buat untuk menggantikan jenis keyboard PS / 2. Dan beberapa vendor komputer sudah tidak menyiapkan port  PS / 2 pada rangkaian pada papan utama (mother board) komputer. Keyboard USB menggunakan USB (Universal Serial Bus) untuk menghubungkan ke CPU. Jenis keyboard PS / 2 dan USB umumnya plug and play. Sedangkan Jenis keyboard lainnya memerlukan aplikasi perangkat yang harus diinstal terlebih dahulu


Keyboard Ergonomis
Keyboard ergonomis dirancang mempertimbangkan aspek ergonomis dari keyboard, dirancang khusus untuk kenyamanan tangan dan pergelangan tangan dari pengguna keyboard. Keyboard ergonomis dirancang untuk mencegah sindrom carpal tunnel, yang menyebabkan sensasi mati rasa dan kesemutan di tangan dan jari-jari setelah mengetik untuk durasi yang panjang. Keyboard ini juga membantu pengguna keyboard mempertahankan posisi yang nyaman.

Compact Keyboard
Ukuran keyboard semakin beragan, terutama, keyboard ergonomis. dirancang lebih besar untuk mengakomodasi banyak kunci untuk melakukan fungsi khusus. Compact Keyboard yang ramping biasanya tidak memiliki keypad numerik di sisi kanan dari keyboard. Beberapa Compact Keyboard bahkan melengkapi pad karet yang dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Jenis Keyboard ini tidak begitu kecil dalam ukuran, tapi menawarkan portabilitas selama perjalanan dan menghemat tempat penyimpanan.
Jenis Jenis Keyboard Komputer Menurut Fungsi Khusus

Keyboard Internet
Keyboard internet dirancang untuk meningkatkan tingkat kenyamanan penggunaan internet. Keyboard internet memiliki hotkey untuk homepage web browser, kotak masuk dan menu favorit pada computer

Keyboard multimedia dan game dirancang untuk audio player dan memiliki hotkey, fungsi keyboard komputer jenis ini adalah mengontrol volume suara, play, stop dan mute melalui tombol hotkey yang disediakan. Keyboard game dirancang untuk kenyamanan para gamer dan jenis keyboard ini memberikan kontrol yang diperlukan pada keyboard seperti backlighting.

Keyboard Virtual
Keyboard virtual tidak berbentuk fisik, tetapi disimulasikan dengan  menggunakan perangkat lunak. Biasanya, keyboard virtual digunakan pada PDA.
Ada beberapa macam keyboard komputer tersedia di pasaran perangkat keras komputer untuk kebutuhan pengguna, kesesuaian dan kenyamanan penggunaanya hendaknya memilih salah satu dari jenis-jenis keyboard komputeryang cocok.

Sumber: www.jaringankomputer.org


0 komentar:

Posting Komentar